- Back to Home »
- IMK »
- Ragam Dialog
Posted by : Unknown
Tuesday, October 2, 2012
Ragam dialog adalah berbagai teknik dalam berinteraksi pada
User Interface yang kita buat.
Ragam dialog dibagi menjadi 9, tetapi tidak menutup
kemungkinan untuk bertambah. Ragam dialog tersebut diantaranya :
- Dialog berbasis perintah tunggal
- Dialog berbasis bahasa pemrograman
- Antarmuka berbasis bahasa alam
- Sistem menu
- Dialog berbasis pengisian borang
- Antarmuka berbasis ikon
- Sistem penjendelaan
- Manipulasi langsung
- Antarmuka berbasis interaksi grafis
1. Dialog berbasis perintah tunggal
Dialog berbasis perintah tunggal adalah jenis dialog yang
interaksinya dengan menggunakan baris perintah – perintah yang bisa
mengeksekusi program tertentu.
Contoh : C:\Naskah\Jawaban ( Windows )
Sudo su (Linux)
2. Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman
Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman adalah jenis dialog
dimana perintah-perintah pada dialog berbasis perintah tunggal digabungkan
menjadi satu di dalam file berformat batch.
Perintah tersebut berupa bahasa pemrograman, bisa C, Fortran, dll.
3.
Antarmuka Berbasis Bahasa Alam
Antarmuka Berbasis Bahasa Alam adalah dialog yang berbasis
manusia – computer. Diperlukan system penterjemah untuk menterjemahkan antara
bahasa manusia dan bahasa computer
4.
System menu
System menu adalah antarmuka berbentuk pilihan yang biasanya
berbentuk kalimat atau kata.
System menu terbagi menjadi dua yaitu :
-
System menu datar
-
System menu tarik
5.
Dialog Berbasis Pengisian Borang
Dialog Berbasis Pengisian Borang adalah dialog dimana user
dihadapkan langsung untuk mengisi kolom-kolom kosong yang ada di boring itu
sendiri
6.
Antarmuka Berbasis Ikon
Antarmuka Berbasis Ikon adalah dialog dimana sebuah lambang atau
ikon, apabila diklik oleh user langsung mengarah ke program yang dimaksud
7.
Sistem Penjendelaan
Sistem Penjendelaan adalah bagian dari layar yang digunakan
untuk menampilkan suatu informasi, dapat berupa informasi tekstual maupun
grafis. Untuk menunjukkan daerah yang digunakan untuk menampilkan suatu
informasi, biasanya daerah yang umumnya berupa persegi panjang dibatasi dengan
semacam garis pembatas dengan ketebalan tertentu, sehingga sistem penjendelaan
adalah sistem antarmuka yang menungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai
informasi baik sendiri – sendiri maupun secara bersamaan ke dalam bagian layar
yang tidak saling mempengaruhi.
Jika dalam windows, system penjendelaan bisa dilihat dari
beberapa jendela program yang sedang berjalan, apabila program tersebut sedang
berjalan, maka jendela nya akan berubah warna menjadi lebih terang, sedangkan
apabila program tersebut tidak sedang dijalankan oleh user, maka biasanya warna
jendela tersebut akan menjadi lebih gelap.
8.
Manipulasi Langsung
Manipulasi langsung atau bisa disebut juga simulasi,
biasanya digunakan pada video interaktif atau berupa game-game simulasi, jadi
user diajak langsung untuk berinteraksi / berpartisipasi langsung dalam sebuah
game/video interaktif tertentu.
9.
Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
Antarmuka berbasis interaksi grafis adalah Interaksi antara pengguna dengan komputer secara
grafis. Contohnya ketika kita menggerakan kursos pada ikon tertentu, maka akan keluar
penjelasan atau nama dari ikon tersebut