Posted by : Septian Rizky Tuesday, October 2, 2012

Ragam dialog adalah berbagai teknik dalam berinteraksi pada User Interface yang kita buat.

Ragam dialog dibagi menjadi 9, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk bertambah. Ragam dialog tersebut diantaranya :
  1. Dialog berbasis perintah tunggal
  2. Dialog berbasis bahasa pemrograman
  3. Antarmuka berbasis bahasa alam
  4. Sistem menu
  5. Dialog berbasis pengisian borang
  6. Antarmuka berbasis ikon
  7. Sistem penjendelaan
  8. Manipulasi langsung
  9. Antarmuka berbasis interaksi grafis

1.      Dialog berbasis perintah tunggal
Dialog berbasis perintah tunggal adalah jenis dialog yang interaksinya dengan menggunakan baris perintah – perintah yang bisa mengeksekusi program tertentu.
Contoh : C:\Naskah\Jawaban ( Windows )
                  Sudo su (Linux)

2.      Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman
Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman adalah jenis dialog dimana perintah-perintah pada dialog berbasis perintah tunggal digabungkan menjadi satu di dalam file berformat batch.  Perintah tersebut berupa bahasa pemrograman, bisa C, Fortran, dll.

3.       Antarmuka Berbasis Bahasa Alam
Antarmuka Berbasis Bahasa Alam adalah dialog yang berbasis manusia – computer. Diperlukan system penterjemah untuk menterjemahkan antara bahasa manusia dan bahasa computer

4.       System menu
System menu adalah antarmuka berbentuk pilihan yang biasanya berbentuk kalimat atau kata.
System menu terbagi menjadi dua yaitu :
-          System menu datar
-          System menu tarik

5.       Dialog Berbasis Pengisian Borang
Dialog Berbasis Pengisian Borang adalah dialog dimana user dihadapkan langsung untuk mengisi kolom-kolom kosong yang ada di boring itu sendiri

6.       Antarmuka Berbasis Ikon
Antarmuka Berbasis Ikon adalah dialog dimana sebuah lambang atau ikon, apabila diklik oleh user langsung mengarah ke program yang dimaksud

7.       Sistem Penjendelaan
Sistem Penjendelaan adalah bagian dari layar yang digunakan untuk menampilkan suatu informasi, dapat berupa informasi tekstual maupun grafis. Untuk menunjukkan daerah yang digunakan untuk menampilkan suatu informasi, biasanya daerah yang umumnya berupa persegi panjang dibatasi dengan semacam garis pembatas dengan ketebalan tertentu, sehingga sistem penjendelaan adalah sistem antarmuka yang menungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi baik sendiri – sendiri maupun secara bersamaan ke dalam bagian layar yang tidak saling mempengaruhi.
Jika dalam windows, system penjendelaan bisa dilihat dari beberapa jendela program yang sedang berjalan, apabila program tersebut sedang berjalan, maka jendela nya akan berubah warna menjadi lebih terang, sedangkan apabila program tersebut tidak sedang dijalankan oleh user, maka biasanya warna jendela tersebut akan menjadi lebih gelap.

8.       Manipulasi Langsung
Manipulasi langsung atau bisa disebut juga simulasi, biasanya digunakan pada video interaktif atau berupa game-game simulasi, jadi user diajak langsung untuk berinteraksi / berpartisipasi langsung dalam sebuah game/video interaktif tertentu.

9.       Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
Antarmuka berbasis interaksi grafis adalah Interaksi antara pengguna dengan komputer secara grafis. Contohnya ketika kita menggerakan kursos  pada ikon tertentu, maka akan keluar penjelasan atau nama dari ikon tersebut









{ 1 comments... read them below or add one }

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete

Popular Post

Pageviews

Powered by Blogger.

- Copyright © 2013 Omoshiroi ! -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -