IMK : Faktor Manusia
Manusia merupakan elemen terpenting dalam interaksi manusia dan komputer, yaitu sebagai subjek sekaligus sebagai objek
Manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi
Model
sederhana :
* informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran I/O
* informasi disimpan dalam ingatan
(memory)
* informasi diproses dan diaplikasikan dalam pelbagai cara
Kemampuan manusia dalam hal ini sangat penting dalam mendesain yang
berbeda antara satu
orang dengan
orang lainnya
Pandangan
(Vision)
- Dua tahap dalam vision
* Penerimaan
fisik dari suatu stimulus
* Pengolahan
dan interpretasi dari stimulus
Alat fisik : mata
- mekanisme untuk menerima cahaya dan mentransformasikannya ke dalam energi elektrik
- cahaya memantul dari objek-objek;citra dari merek difokuskan terbalik pada
retina
-
retina mengandung rods
(organ berbentuk batang) untuk pandangan cahaya lemah dan cones(organ berbentu kerucut) untuk pandangan berwarna
- sel ganglion
(simpul/pusat syaraf) mendeteksi pola dan gerakan
Luminans/kejelasan objek
– Banyaknya cahaya yang
dipantulkan oleh permukaan obyek
– Semakin besar luminans sebuah obyek, rincian obyek yang
dapat dilihat oleh mata akan semakin bertambah
• Kontras
– Selisih
antara luminans obyek dengan luminans latar belakang
– Nilai kontras dapat positif atau negatif
– Nilai kontras negatif akan membuat obyek tidak nampak
Kecerahan
–
Tanggapan subyektif pada cahaya
–
Tidak ada kaitan dengan luminans dan kontras, namun
luminans dapat berimplikasi pada kecerahan
• Sudut
dan ketajaman
penglihatan
– Sudut
penglihatan (visual
angle):
sudut yang dibentuk antara obyek dengan mata
– Ketajaman
penglihatan (visual
acuity):
sudut penglihatan minimum ketika mata masih dapat
melihat sebuah obyek dengan jelas
Ragam Dialog
Ragam dialog adalah berbagai teknik dalam berinteraksi pada
User Interface yang kita buat.
Ragam dialog dibagi menjadi 9, tetapi tidak menutup
kemungkinan untuk bertambah. Ragam dialog tersebut diantaranya :
- Dialog berbasis perintah tunggal
- Dialog berbasis bahasa pemrograman
- Antarmuka berbasis bahasa alam
- Sistem menu
- Dialog berbasis pengisian borang
- Antarmuka berbasis ikon
- Sistem penjendelaan
- Manipulasi langsung
- Antarmuka berbasis interaksi grafis
1. Dialog berbasis perintah tunggal
Dialog berbasis perintah tunggal adalah jenis dialog yang
interaksinya dengan menggunakan baris perintah – perintah yang bisa
mengeksekusi program tertentu.
Contoh : C:\Naskah\Jawaban ( Windows )
Sudo su (Linux)
2. Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman
Dialog Berbasis Bahasa Pemrograman adalah jenis dialog
dimana perintah-perintah pada dialog berbasis perintah tunggal digabungkan
menjadi satu di dalam file berformat batch.
Perintah tersebut berupa bahasa pemrograman, bisa C, Fortran, dll.
3.
Antarmuka Berbasis Bahasa Alam
Antarmuka Berbasis Bahasa Alam adalah dialog yang berbasis
manusia – computer. Diperlukan system penterjemah untuk menterjemahkan antara
bahasa manusia dan bahasa computer
4.
System menu
System menu adalah antarmuka berbentuk pilihan yang biasanya
berbentuk kalimat atau kata.
System menu terbagi menjadi dua yaitu :
-
System menu datar
-
System menu tarik
5.
Dialog Berbasis Pengisian Borang
Dialog Berbasis Pengisian Borang adalah dialog dimana user
dihadapkan langsung untuk mengisi kolom-kolom kosong yang ada di boring itu
sendiri
6.
Antarmuka Berbasis Ikon
Antarmuka Berbasis Ikon adalah dialog dimana sebuah lambang atau
ikon, apabila diklik oleh user langsung mengarah ke program yang dimaksud
7.
Sistem Penjendelaan
Sistem Penjendelaan adalah bagian dari layar yang digunakan
untuk menampilkan suatu informasi, dapat berupa informasi tekstual maupun
grafis. Untuk menunjukkan daerah yang digunakan untuk menampilkan suatu
informasi, biasanya daerah yang umumnya berupa persegi panjang dibatasi dengan
semacam garis pembatas dengan ketebalan tertentu, sehingga sistem penjendelaan
adalah sistem antarmuka yang menungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai
informasi baik sendiri – sendiri maupun secara bersamaan ke dalam bagian layar
yang tidak saling mempengaruhi.
Jika dalam windows, system penjendelaan bisa dilihat dari
beberapa jendela program yang sedang berjalan, apabila program tersebut sedang
berjalan, maka jendela nya akan berubah warna menjadi lebih terang, sedangkan
apabila program tersebut tidak sedang dijalankan oleh user, maka biasanya warna
jendela tersebut akan menjadi lebih gelap.
8.
Manipulasi Langsung
Manipulasi langsung atau bisa disebut juga simulasi,
biasanya digunakan pada video interaktif atau berupa game-game simulasi, jadi
user diajak langsung untuk berinteraksi / berpartisipasi langsung dalam sebuah
game/video interaktif tertentu.
9.
Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
Antarmuka berbasis interaksi grafis adalah Interaksi antara pengguna dengan komputer secara
grafis. Contohnya ketika kita menggerakan kursos pada ikon tertentu, maka akan keluar
penjelasan atau nama dari ikon tersebut
Sistem Operasi || Gambaran tentang sumber daya fisik dan sumber daya abstrak
Sumber daya fisik adalah semua komponen dalam sistem komputer yang dapat memberikan manfaat dan terlihat secara fisik, contohnya keyboard, mouse, touchpad, cd rom, harddisk, dll.
Sedangkan sumber daya abstrak sendiri yaitu sistem computer yang dapat memberikan manfaat tetapi tidak secara fisik, sumber daya abstrak sendiri terdiri atas:
Data
Data sebagai sumber daya abstrak seperti PCB (progran cotrol block) untuk mencatat dan mengendalikan proses, berkas (file) untuk menyimpan data atau program. Program
Program merupakan kumpulan intruksi yang dapat dijalankan oleh sistem komputer, bentuk program dapat berupa: utilitas atau aplikasi untuk mencapai tujuan komputasi (pengolahan) tertentu.
Data sebagai sumber daya abstrak seperti PCB (progran cotrol block) untuk mencatat dan mengendalikan proses, berkas (file) untuk menyimpan data atau program. Program
Program merupakan kumpulan intruksi yang dapat dijalankan oleh sistem komputer, bentuk program dapat berupa: utilitas atau aplikasi untuk mencapai tujuan komputasi (pengolahan) tertentu.
Source
Perbedaan Platform dan Sistem Operasi
Platform adalah lingkungan terpadu yang mendukung dijalankannya sebuah aplikasi. Misalnya Microsoft menciptakan aplikasi Microsoft Office yang berjalan di dalam lingkungan (platform) Windows. Karena Ms. Office dibuat hanya diperuntukkan untuk lingkungan windows, tentu saja aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan di lingkungan Macintosh, atau GNU/Linux.
Sedangkan Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.
Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa platform adalah lingkungan yang mendukung dijalankanya aplikasi, sedangkan sistem operasi mempunyai peran lebih besar, yaitu penghubung antara aplikasi dengan perangkat keras, dan perangkat lunak yang bertugas mengelola sumber daya di dalam computer dan menyediakan layanan antar muka bagi user untuk mengakses sumber daya di dalam platform tertentu
Sumber:
Wikipedia
bizitstudio
IMK : Tugas 1
Permasalahan lalu lintas saat ini mungkin sudah sangat banyak, dan dengan permasalahan yang banyak tersebut di butuhkan suatu teknologi yang bias membantu meringankan atau bahkan membantu pihak yang berwenang dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Berangkat dari permasalahan tersebut, saya memiliki suatu ide/konsep dimana mungkin akan membantu menyelesaikan permasalahan lalu lintas yang ada, walaupun baru berupa konsep/ide saya berharap kedepannya, ide/konsep ini bisa terwujud. Ide tersebut adalah membuat sebuah alat berupa sensor, dimana sensor tersebut bekerja apabila ada kendaraan bermotor yang melanggar lampu lalu lintas.
Detail alat tersebut yaitu terdapat dua buah sensor, yang pertama bentuknya bundar kecil dan ditanam di bagian bawah mesin kendaraan bermotor lalu sensor kedua berupa sensor infra merah yang dipasang di samping jalan yang terdapat traffic light. Cara kerja alat tersebut yaitu apabila lampu traffic light merah, maka sensor infra merah yang dipasang di samping jalan tersebut akan menyala otomatis, dan ketika ada kendaraan bermotor yang melanggar traffic light, maka sensor infra merah tersebut mengirim sinyal ke sensor yang ditanam di bagian mesin kendaraan bermotor, dan sensorpun akan dengan otomatis mematikan kelistrikan kendaraan tersebut, lalu sensor infra merah juga mengirim sinyal ke pos polisi terdekat, sehingga pengendara motor yang melanggar pun bias langsung ditindak dengan cepat.
Itu tadi sedikit ide atau masukan saya yang dalam hal ini bertujuan untuk membantu pihak polantas menindak para pelanggar lalu lintas, ide ini muncul berawal dari kejengkelan saya terhadap para oknum pengendara yang dengan seenaknya melanggar traffic light, dan itu tentu saja membahayakan pengendara lainnya. Mudah-mudahan ide ini bias terealisasi secepat mungkin, supaya bias membantu pihak polantas dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan lalu lintas
Rencana Wiraswasta
Usaha yang sedang kami mulai rintis ini bergerak dibidang penjualan baju yang dipasarkan secara online. Kami mengambil barang-barang yang akan kami jual tersebut dari produsen baju yang sudah ada sebelumnya, lalu kami akan menjual kembali baju-baju tersebut dengan harga tertentu dan memasarkan nya secara online. Rencananya kami akan membuat sebuah website yang isinya khusus tentang barang yang akan kami jual. Selain kami mengambil barang dari produsen, kami juga mencoba untuk mendesain baju-baju tersebut sendiri, lalu apabila ada yang memesan barulah kami akan membuat baju-baju tersebut di tempat pembuatan baju yang sudah kami kenal sebelumnya. Sebenarnya rencana jangka panjang saya yaitu membentuk sebuah tim, yang nantinya tim tersebut akan berwiraswasta di bidang informatika contohnya software engineering dan web developing. Tetapi untuk sementara saya akan fokus terlebih dahulu di usaha baju ini yang dirintis bersama Adi, Fajar dan lutfi yang sama-sama mahasiswa teknik informatika universitas widyatama.
Strategi pasar yang kami gunakan seperti yang sudah diuraikan diatas, yaitu kami mencoba untuk memasarkan produk-produk kami secara online denagn cara membuat web yang dikhususkan untuk penjualan produk-produk kami, karena kami berpikir jaman sekarang segala sesuatunya sudah serba informatika, jadi kami harus memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia dan juga pemasaran pun akan semakin cepat. Target konsumen kami yaitu anak-anak muda dan para penggila bola, karena disalah satu produk kami juga, kami menjual jersey-jersey sepak bola dengan kualitas bagus, karena kami melihat tidak sedikit orang yang tergila-gila pada sepak bola, dan fanatisme mereka kepada tim yang mereka dukung.
Mungin pada awal-awal usaha yang kami rintis hanya bergerak di bidang penjualan dan pembuatan baju saja, tapi saya mempunyai rencana untuk mengembangkan usaha tersebut menjadi lebih besar lagi, mungkin apabila modal sudah kuat, saya berencana untuk berwirausaha juga dibidang informatika, mungkin sedikit tidak ada hubunganya dengan usaha penjualan baju yang sedang kami rintis, tapi mungkin usaha penjualan dan pembuatan baju yang sedang kami rintis bisa menjadi suatu batu loncatan dan juga pengalaman bagi saya, supaya kedepan bisa lebih baik lagi. Dan juga agar saya bias mengwujudkan ambisi saya yaitu berwiraswasta di bidang informatika, khususnya web developing, software engineering dan game developing.
Dan mungkin dalam periode tahun ini, rencana jangka panjang saya mudah-mudahan bisa segera terwujud, karena rencananya komunitas kami
diajak untuk bekerja sama dengan suatu komunitas yang dimotori oleh mahasiswa widyatama angkatan 2008 untuk sama-sama mengerjakan suatu project di bidang informatika, sekaligus juga menjadi “mentor” bagi kami yang masih minim pengalaman di bidang informatika.
diajak untuk bekerja sama dengan suatu komunitas yang dimotori oleh mahasiswa widyatama angkatan 2008 untuk sama-sama mengerjakan suatu project di bidang informatika, sekaligus juga menjadi “mentor” bagi kami yang masih minim pengalaman di bidang informatika.
Tugas 2 Basis Data
1. Buat SQL shg diperoleh table dosen
Create TABLE Dosen (
Nip CHAR(3) ,
Nama_dosen VARCHAR(15),
Tgl_lahir DATETIME,
Pendidikan VARCHAR(3),
Mata_kuliah VARCHAR (12),
Alamat VARCHAR(15),
Kota VARCHAR(8)
);
2. Buat sql untuk memasukan data di atas
INSERT INTO Dosen (Nip,Nama_dosen,Tgl_lahir,Pendidikan,Mata_kuliah,Alamat,Kota)
VALUES (‘001’,’GIANTI’,’2-3-1976’,’D1’,’Basis data’,’Jl.Cikutra 28’,’Bandung’),
(‘002’,’TEGUH’,’25-1-1975’,’SMA’,’Pemrograman II’,’Jl.Kelud 10’,’Jakarta’),
(‘003’,’ERDANA’,’1-3-1980’,’S3’,’Orkom’,’Jl.Abc 118’,’Surabaya’);
3.Buat SQL untuk mengubah data
a.Nama_dosen dari GIANTI mjd GIYANTI
UPDATE Dosen ,
SET Nip=”001”, Nama_dosen=”GIANTI”
Where Nip=”001” and Nama_dosen=”GIYANTI”;
b.Tgl_lahir dari 2-3-1976 mjd 12-3-1976
UPDATE Dosen
SET Nip=”001”, Tgl_lahir=”2-3-1976”
Where Nip=”001” and Tgl_lahir=”12-3-1976”;
c.Pendidikan S3 mjd S2
UPDATE Dosen
SET Nip=”003”, Pendidikan=”S3”
Where Nip=”003” and Pendidikan=”S2”;
4.Buat SQL untuk menghapus kolom kota
ALTER TABLE Dosen DROP kota;
5.Buat SQL untuk menghapus kolom gaji
ADD gaji INT NOT NULL AFTER Mata_kuliah